Cara Membuat Bottle Tower

Halooo...kali ini saya akan mengulas gimana sih bikin bottle tower? Sesuai janji saya pasti ditulis. Sebenernya saya bikin ini sudah beberapa hari yang lalu,tapi ya baru sempet nulis sekarang. Bukannya saya sok sibuk tapi emang beneran sok sibuk,sok ngurus ini sok ngurus itu :p .Daripada lama lama..cuss kita mulai :)
Yang pertama siapkan alat dan bahan bahannya :
1.Botol Air Mineral bekas ukuran 1,5 L
2.Solder (hati hati lho pakainya)
3.Gunting
4.Tali benang bangunan
5.Media Tanam
6.Bibit Tanaman


Maaf ya,soldernya ga kepoto,soalnya lagi dicolokin ke listrik nungguin panas.hihihi

Untuk membuat Bottle Tower ini ,saran saya mulailah dengan 2 atau 3 botol untuk satu tower.Sudah siap untuk 3 botol pertamanya? So,
1.Langkah pertama buat dua lubang pada bagian bawah botol pertama,lubang ini nantinya akan digunakan untuk menggantungkan instalasi kamu.


2.Steps two.Buat 2 lubang pada tutup botol.


3.Buat lubang sebesar tutup botol pada bagian pantat botol.ribet juga ngomongnya..kayak begini nih.



4.Buat lubang oval pada bagian badan botol.Lho kok dari tadi ngelubangin mulu? Emang bikin bottle tower ini intinya ya mbolongin dan ngelubangin.Tapi ini lubang terakhir yang kita bikin kok.Seperti ini lubangnya....


5.Setelah botol kedua dan botol ketiga selesai dilubangin,sekarang saatnya merakitnya menggunakan tali bangunan.Potong tali bangunan sepanjang 2 meter,masukan kedua ujungnya pada lubang bawah botol pertama.


Lalu sampai bagian tutup botol,ikat tali sebagai penahan.


6.Ulangi langkah langkah memasukan tali pada botol kedua dan ketiga.Dan jadi kaya gini.


Saya kali ini hanya menggunakan dua botol untuk satu bottle tower.

7.Masukan media tanam pada botol.Setelah itu gantung ditempat yang kamu punya.Bisa dipaku juga.

8.Tanam benih pada bottle tower kita.Tips untuk memilih benih yang baik yaitu masukan benih pada air,benih yang mengambang berarti tidak potensial untuk ditanam.Tanamlah benih yang tenggelam,karena itu yang akan jadi tanaman yang bagus.
Dan hasil akhirnya seperti ini.


Saya bikin ini bertepatan dengan tanggal 17 Agustus kemarin.Ini merupakan hadiah kecil dari saya untuk Indonesia.Sekecil apapun yang sudah kita lakukan,InsyaAllah berguna untuk kemajuan bangsa ini.Dan inilah cara saya,dengan berkebun di balkon.Bottle tower ini sangat mudah,murah,dan tentunya organik.Merupakan alternatif bagi masyarakat kota/urban yang tidak memiliki lahan.Bibit pertama yang saya tanam adalah sawi,semoga bisa subur dan hijau.
Lanjut,Untuk masalah pupuknya ya..saya pakai bio organik fertilizer,bisa dibeli di toko toko nursery terdekat.Tapi ada yang lebih simple lagi lho..dan saya lagi mau coba ini..mau tau seberapa efektif,ya pakai air cucian beras..saya tau ini sebenernya sudah lama dari saya kecil malah, diajarin ibu saya,kalo abis nyuci beras ,saya disuruh buang airnya di pohon rambutan atau durian belakang rumah.Dan pas tau kebun letusee pakai cara ini,saya jadi melongo sendiri..ohh makanya dulu kok simbok nyuruh saya begini.hehehe.Sekarang saya mau kasih liat tumbuhnya benih yang saya tanam..tapi gara gara naruh benihnya kebanyakan jadi ngerumpun..ternyata beneran tumbuh semua.


Jadi punya PR buat nyabutin satu satu.hahaha

Ya begitulah cara bikin bottle tower.Semoga berguna dan bisa diaplikasikan ya teman teman.Kalo mau tukar pikiran atau diskusi tentang tanaman,walaupun saya masih amatiran,ya ga ada salahnya kan kalo kita belajar bersama.Kirim pesan aja ke nuhazarlena@gmail.com. Dan terimakasih banyak untuk Kebun Letusee Jogja yang udah nularin ilmunya ke kita semua.Salam hangat dari saya untuk teman teman yang membaca blog saya. :)






















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute Angkutan Umum dari Ciledug ke Cibubur Junction

Perbandingan Modem Bolt Orion,Slim 2 dan Max 2

Weekend Life : Makan di Clay Pot Popo