Review Buku : Dari Soal Priyayi sampai Nyi Blorong Refleksi Historis Nusantara

Judul                             : Dari Soal Priyayi sampai Nyi Blorong Refleksi Historis Nusantara
Penulis                          : Ong Hok Ham
Penerbit                        : Penerbit Buku Kompas
Tempat,tahun terbit    : Jakarta,Oktober 2002
Dimensi buku              :  14 x 21 cm
Tebal buku                   :  xxiv + 254 hlm
ISBN                              : 979 - 709 - 037 -x



   Apakah bangsa ini pernah belajar dari sejarah? Bila jawabnya 'ya',mengapa berbagai persoalan yang sama,seperti korupsi dan kekerasan dengan segala bentuknya,masih saja merajalela?Lebih dari itu,benarkah sejarah Indonesia pada dasarnya hanyalah sejarah lahirnya suatu kekuasaan,naik ke puncak kejayaan untuk kemudian jatuh secara tragis?Dengan uraian yang bernas dan kaya catatan sejarah Ong Hok Ham menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.

   Membaca buku ini,yang merupakan kumpulan artikel penulis di Kompas  dari tahun 1980-2002,kita seperti disadarkan bahwa sejarah bangsa ini seolah tak pernah bergerak menuju ke arah yang lebih baik.Tidak berlebihan,bila buku ini patut dibaca oleh semua kalangan,terutama para penguasa.

    Isi buku ini kebanyakan membahas bagaimana kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada jaman penjajahan Belanda.Dari cerita kehidupan keraton,turun temurunnya sifat feodalisme,hingga macam pesugihan tersaji disini.Namun ada pula artikel yang mengkritisi tentang pemerintahan.Penulis,yang merupakan saksi sejarah bangsa ini,sangat jeli mengamati setiap jengkal permasalahan dinegeri ini. Masalah politik,ekonomi,agama,sampai kebudayaan bisa kita dapati. Ya,bisa diduga bahasa yang digunakan oleh alm.Ong Hok Ham tajam dan cerdas.Sehingga membuat kita ingin lebih mendalami sejarah bangsa ini.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute Angkutan Umum dari Ciledug ke Cibubur Junction

Perbandingan Modem Bolt Orion,Slim 2 dan Max 2

Weekend Life : Makan di Clay Pot Popo